SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan
Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Diagram P-T, Tekanan Uap, Penurunan Titik Beku, Kenaikan Titik Didih.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Diagram P-T
· Tekanan Uap
· Penurunan titik
beku
· Kenaikan titik
didih
Sifat
koligatif larutan
|
Mengamati (Observing)
· Membaca dan mendengar dari berbagai sumber
tentang fenomena terkait sifat
koligatif (memasak air dengan dan tanpa garam; memasak dalam panci dengan dan
tanpa tutup; penggunaan garam di jalan
bersalju, penggunaan garam dalam pembuatan es puter, dll)
Menanya (Questioning)
· Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil
observasi (mengapa memasak tanpa garam lebih cepat mendidih, mengapa
penggunaan garam membuat es puter tetap dingin, mengapa digunakan garam untuk
mencairkan salju, dll)
Mengumpulkan
Data (Experimenting):
· Mendiskusikan konsentrasi (fraksi mol dan molalitas) dan berlatih
menghitungnya.
·
Diskusi dalam kelompok, merancang percobaan, dan melakukan percobaan penurunan titik beku.
·
Menganalisis dari berbagai sumber terkait materi
sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan tekanan uap).
.
Mengasosiasi
(Associating):
·
Menyimpulkan penyebab sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap,
kenaikan titik didih, penurunan titik beku)
·
Menghubungkannya konsentrasi (molalitas/fraksi
mol) dengan sifat koligatif larutan)
·
Berlatih menyelesaikan perhitungan kimia terkait
sifat koligatif larutan
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan hasil analisis terkait sifat
koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis, menggunakan tata bahasa yang
benar
|
Tugas:
· Merancang
percobaan titik beku larutan
· Membuat diagram
P-T
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan (saat mengukur
volume menimbang, membaca thermometer, dll)
Portofolio
- Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang fraksi mol, kemolalan, diagram
PT, tekanan uap, titik beku, titik didih.
·
Menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat
koligatif larutan
|
2 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia
Kelas XII IPA dan situs yang relevan
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam
merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
3.1
Menganalisis penyebab
adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku.
|
|||||
3.2
Menyajikan hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku.
|
Kimia itu Asyik....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar