We Love Chemistry

We Love Chemistry
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Semua tentang Kimia. Semoga blog ini mendatangkan manfaat untuk saudara. Chemistry Area *hestiprasasti.blogspot.com* *prasastiinchemistry.blogspot.com*

Selasa, 19 November 2013

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA (Sifat Koligatif Larutan)

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)

Satuan Pendidikan       : SMA/MA
Kelas                           : XII
Kompetensi Inti          
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Diagram P-T, Tekanan Uap, Penurunan Titik Beku, Kenaikan Titik Didih.

Kompetensi Dasar (KD)
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·  Diagram P-T
·  Tekanan Uap
·  Penurunan titik beku
·  Kenaikan titik didih





















Sifat koligatif larutan







Mengamati (Observing)
·  Membaca dan mendengar dari berbagai sumber tentang  fenomena terkait sifat koligatif (memasak air dengan dan tanpa garam; memasak dalam panci dengan dan tanpa tutup;  penggunaan garam di jalan bersalju, penggunaan garam dalam pembuatan es puter, dll)
Menanya (Questioning)
·  Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil observasi (mengapa memasak tanpa garam lebih cepat mendidih, mengapa penggunaan garam membuat es puter tetap dingin, mengapa digunakan garam untuk mencairkan salju, dll)
Mengumpulkan Data (Experimenting):
· Mendiskusikan konsentrasi (fraksi mol dan molalitas) dan berlatih menghitungnya.
·      Diskusi dalam kelompok, merancang percobaan, dan melakukan percobaan penurunan titik beku.
·      Menganalisis dari berbagai sumber terkait materi sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan tekanan uap).
.
Mengasosiasi (Associating):
·      Menyimpulkan penyebab sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku)
·      Menghubungkannya konsentrasi (molalitas/fraksi mol) dengan sifat koligatif larutan)
·      Berlatih menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan

Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Mengkomunikasikan hasil analisis terkait sifat koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis, menggunakan tata bahasa yang benar
Tugas:
·   Merancang percobaan titik beku larutan
·   Membuat diagram P-T

Observasi
·   Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan (saat mengukur volume  menimbang, membaca thermometer, dll)

Portofolio
-   Laporan hasil percobaan

Tes tertulis
·       Pemahaman tentang fraksi mol, kemolalan, diagram PT, tekanan uap, titik beku, titik didih.
·       Menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan




2 mgg  X 4 jp

Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan
1.2     Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2     Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3   Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1     Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku.
3.2     Menyajikan hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait penurunan  tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku.




Kimia itu Asyik....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar